Wednesday 26 September 2018

Madiun : Nongko Ijo

Maaf baru mood nulis lagi hehe. Padahal ke Nongko Ijonya udah dua minggu lalu. Jadi Nongko Ijo ini adalah hutan pinus yang terletak di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Untuk menuju kesana memang dibutuhkan usaha lebih kalau dari Kota Madiun. Tapi sepanjang perjalanan mata akan dimanjakan dengan pemandangan yang bikin senyum-senyum dan kagum. Masyaa Allah. Kalau buat orang Madiun udah nggak asing lagi ya daerah Dungus atau Kresek. Dulu sempet nulis juga tentang Monumen Kresek, yaitu monumen untuk mengenang peristiwa PKI tahun 1948 di Madiun. Nah, kalau monumen Kresek itu dari pasar Dungus belok kanan, kalau Nongko Ijo ini ambil lurus aja sampai ketemu Pasar Kare. Jalannya lumayan naik turun ya dan sepanjang perjalanan akan ada hutan Jati yang sebenernya juga fotoable. Tapi udah aspal alus semua sampai Nongko Ijo, jadi aman untuk kendaraan.

Nah, bagi saya ini sebenernya adalah kali kedua ke Nongko Ijo, karena yang pertama kesana sama ibu dan Nisa beberapa bulan lalu. Dan kami kebablasan karena emang lagi nggak ada orang yang ngarahin tempat parkir dimana. Dan kalo kebablasan ini lumayan susah buat baliknya (kalo pake mobil), Alhamdulillah waktu pertama kesana dan kebablasan lagi ada orang lain juga yang bantuin buat puter balik. Kalau pas kesana untuk yang kedua kalinya malah lagi sepi banget. Warung masih tutup, nggak ada yang ngarahin parkir dan narik tiket masuk. Waktu pertama kesana masih dimintai biaya tiket masuk 3ribu/orang.

Patokan buat nggak kebablasan kalo lagi sepi pengunjung adalah saat kita udah nemu warung. Nah, stop dulu disitu. Cari parkiran yang agak nyaman. Konon kabarnya kalau lagi rame biasanya mobil parkir di depan masjid yang jarak ke Nongko Ijonya masih lumayan buat olahraga hehe. Penunjuk arahnya lumayan juga dari Pasar Kare udah ada. Tapi ada cabang jalan yang kadang bikin ragu sih. Mending tanya orang kalau ragu-ragu daripada udah jauh eh salah jalan.

Waktu kesana dua minggu lalu, selain suasana yang sepi karena emang pas hari kerja sih, rumput dan tumbuhan sedang kering karena emang lagi kemarau. Dulu waktu kesana pertama kali kelihatan lebih seger karena mungkin lagi musim hujan.

Foto pertama ini adalah pintu masuk hutan pinus Ningko Ijo, batas mobil dan motor sebelum pintu ini ya. Kalau ngeliat pintu ini dan anda masih naik kendaraan berarti kebablasan. Kayak saya waktu pertama kali kesana. Sudah ada track jalan berupa paving di Nongko Ijo, jadi bisa lebih nyaman daripada jalan di tanah yang kadang nggak datar. Tapi kalau mau ambil shortcut sih kayaknya lebih cepet lewat jalan tanahnya ya. Karena track jalan paving memutar. 




 Layaknya tempat wisata kekinian, di Nongko Ijo ini juga ada beberapa spot selfie. Seperti rumah pohon, tenda-tenda kecil, tulisan I ❤️ U dan tentunya suasana hutan pinus itu sendiri. Tapi mungkin bagi yang hobi cari spot foto masih kurang banyak ya spot selfienya.







 Kalau pengen istirahatpun disediakan beberapa saung dan kursi yang jumahjuml cukup banyak. Plus disekitaran sana ada warung yang menyediakan makanan dan minuman. Tapi waktu kesana yang kedua kemarin banyak yang tutup sih. Entah karena kalau hari kerja memang banyak yang tutup atau memang sudah banyak yang tidak berjualan. Bawa bekal lebih aman ya, minuman dan camilan.




 Sebenernya juga ada sungai di bawah, namun mimin belum nyoba tracknya. Overall mimin cukup betah disana karena udara dan suasananya. Cocok kalau mau piknik2 aja sambil santai menikmati udara seger bareng keluarga.








No comments:

Post a Comment