Monday 13 April 2015

Pendakian Gunung Merapi via New Selo

Kali ini travelysnap dapet liputan dan foto-foto dari temen mimin nih, Hanik, waktu mendaki Gunung Merapi. Seperti kita tau, gunung merapi beberapa tahun lalu sempat meletus dan menggegerkan Indonesia, dan sampai sekarang masih aktif meskipun tidak terjadi erupsi. 


Seharunya pendaki bisa parkir di New Selo atau pos awal sebelum pendakian, tapi karena lagi penuh parkirannya (efek libur nasional) jadi yang nggak kebagian parkir di new selo pada menitipkan motornya di rumah warga. Jadi pada jalan tuh menuju new selo nya. 


Nah ini nih New selo, pos awal sebelum pendakian. Biasanya pada mendaftarkan diri untuk mendaki di sini, biar aman jangan lupa daftar dulu sebelum muncak ya. Rombongan Hanik, Hanif dan rombongan garpala berangkat jam 11 dari new selo.


Papan penunjuk pendakian, lumayan juga jaraknya 3,4 km dengan waktu tempuh 4-5 jam. Perhatikan petunjuk jalan macam papan penunjuk ini supaya pendakian lebih terarah tentunya.



Jalur pendakian ke merapi banyak menanjaknya, jadi persiapan fisik penting yak trus juga jangan lupa bawa perlengkapan yang seharusnya di bawa saat mendaki sesuai dengan gunung yang didaki tentunya.



sampai di pos 2 sekitar jam 16.00, shalat ashar sekalian rehat. Jangan lupa tetap laksanakan sholat 5 waktunya yaa :D


meskipun jalanan banyak yang menanjak, jangan khawatir dengan pemandangan mata yang memanjakan. Bukit, hijau, udara dingin dan kaki yang terus melangkah. Mimin jadi pengen mendaki #eh.


sampai di pasar bubrah saat maghrib. Nenda semalam di pasar bubrah bersama dengan puluhan eh atau ratusan pendaki lain yang juga memadati kawasan ini.


Dan pagipun datang, saatnya berangkat ke puncak.



Mendekati puncak memang semakin banyak pasir dan kerikil yang dilewati, lebih licin? pasti. Ditambah dengan kemiringan yang lumayan bikin ngeper.


dan sampailah di puncak merapi


kawah yang senantiasa mengeluarkan asap putih


pada akhirnya mengibarkan bendera merah putih adalah hal wajib yang biasa dilakukan para pendaki di atas gunung.

Terimakasih sudah menjadi kontributor di Travelysnap :)

Kontributor : Hanik
Foto : Hanik, Garpala
Liputan : Immash

2 comments: