Sunday 3 August 2014

Magelang: Candi Borobudur (I)

Akhirnya kesampaian juga untuk melaporkan liputan Candi Borobudur ini, setelah tertimbun lumayan lama di laptop. Pasti semua minimal sudah pernah mendengar ya tentang candi yang terletak di daerah Muntilan, Magelang, Jawa Tengah ini. Karena merupakan candi terbesar di Indonesia dan masuk dalam kategori keajaiban dunia. Terakhir mengunjunginya saat masih kelas 6 SD dalam rangka study tour, dan sepertinya sudah lumayan banyak yang berubah. Yuk cek2 di liputan berikut ini. :)

Untuk pembelian tiket masuk ada perbedaan bagi wisatawan domestik dengan mancanegara, jadi jangan salah pilih loket ya. hehe

Tempat pembelian tiket, terletak tak jauh dari tempat parkir. Per orang Rp 30.000 tapi untuk rombongan ada diskon khusus.
Nah, ini ni penampakan tiket masuk borobudur sekarang ini, bukan lagi berupa kertas tapi berbahan tebal seperti ATM. Kita tinggal memasukkan kartu ini ke alat yang sudah disediakan di pintu masuk.
Begitu masuk anda akan menemukan semacam pelataran lebar yang bisa digunakan tempat berkumpul, istirahat dan juga melihat papan informasi yang disediakan. Papan informasi tersebut terdiri dari Peta Lokasi, Informasi pentas kesenian, dan peraturan selama di Candi borobudur.
Nah, yang ini papan sarungisasi borobudur. Maksudnya adalah bagi para pengunjung yang sudah berusia 15 tahun ke atas hendaknya menggunakan kain batik bermotif stupa borobudur selama menuju sampai turun dari candi.

Selama perjalanan menuju candi disediakan pula kursi-kursi panjang untuk sekedar melepas lelah. Karena lumayan juga sih jarak antara pintu masuk dengan candi plus sinar matahari yang cukup terik.


Supaya memudahkan jalan pengunjung, maka ada petunjuk jalur candi borobudur

Harus siap-siap bawa air putih ya, karena lumayan juga jumlah tangga dan lebarnya candi borobudur ini

Foto: Immash, Rafika, Niken
Liputan: Immash

No comments:

Post a Comment