Sunday 3 August 2014

Magelang: Candi Borobudur (II)

Masih melanjutkan edisi Candi Borobudur nih. Setelah kemarin sampai tangga menunju candi, kini saatnya menjelajah candinya. Silahkan disimak :)


Pradaksina atau petunjuk untuk alur mengelilingi candi borobudur, di setiap pojok candi biasanya terdapat pradaksina. Tapi pengunjung sebenarnya bebas untuk lewat jalur mana saja, pradaksina hanya memudahkan melalui candi dari berbagai sisi.

Ada berbagai macam cerita dalam relief di badan candi borobudur, kebanyakan mengisahkan kehidupan masyarakat pada zamannya. Sedangkan untuk relief di atas menggambarkan kehidupan hewan khususnya burung pada zaman tersebut.

Ini adalah stupa-stupa kecil yang ada di tiap pojok candi borobudur.

Nah ini stupa yang ada di sekeliling stupa utama atau stupa paling besar candi borobudur.

Stupa paling besar dan terletak di tengah-tengah candi.

Setelah mengelilingi candi dan turun ke pelatarannya pengunjung akan menemui berbagai macam souvenir yang dijajakan oleh penjual. 

Dari sekian banyak souvenir yang ada tas-tas ini yang mungkin cukup unik karena saya hanya nemu satu orang penjual saja. Yang lain rata-rata menjual barang-barang yang hampir sama, seperti kaos bertuliskan candi borobudur, 

Ini akhir dari pemakaian 'sarung' borobudur, setelah melewati pasar souvenir. Eitss... tapi masih ada banyak penjual ternyata setelah pasar souvenir yang ini masih terbentang penjaja souvenir yang lain. Hehe
Foto: Immash, Rafika, Niken
Liputan: Immash





No comments:

Post a Comment