Wednesday 17 June 2015

Pendakian Semeru

Hai travelist kali ini mimin bakalan ngasih liputan Pendakian Gunung Semeru. Mainstream? Mungkin iya, tapi bukankah di setiap perjalanan selalu ada makna yang siap dijemput? meski mungkin dilakukan di tempat yang sama, bukan berarti segala hal menjadi sama saja bukan? Hehe. Mimin nggak ke Semeru kok, kontributor yang suka mendongenglah yang berbagi cerita perjalanannya . Semoga bermanfaat :D

Perjalanan ini dimulai dari Surabaya, dari terminal bungurasih cari bus jurusan malang, kira-kira 2-3 jam perjalanan dan sampailah di terminal Arjosari Malang, setelah itu kita bisa mencari angkutan umum jurusan tumpang. Perjalanan ke tumpang ini memerlukan waktu ±0.5 jam dengan biaya 8rb /orang (semoga saja sekarang turun).


Setelah sampai ke tumpang, usahakan berbaur dengan rombongan lain jika rombongan  kurang dari 15 orang, agar jeep ataupun truk mau memberangkatkan ke ranu pani (desa terakhir digunung semeru) , karena di desa ini lah kita memulai pendakian. oiya dalam perjalanan ini kita membutuhkan biaya 35rb.


Dan setelah perjalanan panjang yang terus naik akhirnya kita sampai di desa ranu pani.

Dalam hal ini kita tidak boleh langsung mendaki, tentunya kita harus daftar dulu dong, dan letak pos pendaftaran ini  di resort ranu pani.



Jika sudah terdaftar kita bisa memulai pendakian. Tak jauh dari pos pendaftaran kita akan menemui gerbang pendakian gunung semeru.


Dan, saatnya melangkahkan kaki lebih lebar, menjejak tiap jengkal bumiNya yang tak akan pernah habis untuk dijelajah.


dari ranu pani menuju ranu kumbolo kita harus melewati  4 pos, dan perjalanan menuju pos 1 adalah perjalanan paling panjang, perjalanan pos 2 adalah perjalanan paling indah, perjalanan pos 3 adalah perjalanan paling berat karena jalur pendakian menanjak naik dengan sudut sekitar 45o dan ranu kumbolo terletak pada pos 4.

Berikut adalah kondisi Pos 1


Dan ini adalah Pos 2


Karena situasi yang kurang mendukung kita tidak memfoto pos 3 , untuk pos 3 runtuh jadi dipastikan pos 3 tidak bisa di huni.

Oiya dalam perjalanan dari ranu pani ke ranu kumbolo kita melewati beberapa lokasi, lokasi tersebut adalah Landengan dowo dan watu rejeng.



Kontributor : Zainul
Foto: Dari berbagai kamera rombongan Zainul
Liputan: Zainul
Editor: Immash

No comments:

Post a Comment