Sunday 1 March 2015

Banyuwangi : Kawah Ijen (2)

Masih lanjutan dari edisi Ijen (1)


Nah, kalo yang ini 'oleh-oleh' belerang yang bisa dibawa pulang, harganya cukup terjangkau. Saya kemarin beli dua kura-kura mini 5rb perak. Bisa ditemui sepanjang perjalanan pendakian. 



Nah, ini jalan setapak yang dekat dengan kawah, sekitar 1 km kita melewati jalur yang semacam ini. Jadi hati-hati sama yang sebelah kiri ya. Di beberapa titik terlihat tanahnya sedikit longsor. Tapi pemandangan menyejukkan mata waktu turun sedikit mengobati kaki-kaki yang mulai berkonde. 


Tuh kan, Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu distakan?


Rehat sebentar di Pos Bunder, di sini kamu bisa beli minuman, makanan, ke toilet atau sekedar duduk-duduk aja buka bekel yang kita bawa.


Perjalanan di lanjut setelah duduk bentar di Pos Bunder, dan kita berpapasan dengan ... tandu manusia #eh. Apa ya istilahnya? intinya karena ada pengunjung yang sepertinya tidak sanggup mendaki, jadi ada jasa khusus untuk mengantar mereka dari bawah sampai ke kawah. 


ini nih yang harus dibudayakan, jangan buang sampah sembarangan. Karena terlihat juga di sana-sini beberapa sampah nangkring dengan enaknya. Jadilah turis, traveler, explorer yang menjaga tempat yang kita kunjungi.

Foto : Syarif
Liputan : Immash

No comments:

Post a Comment