Sunday 29 March 2015

Sumbawa : Pulau Kenawa

Alhamdulillah akhirnya bisa berjumpa kembali di edisi baru... :D. Kali ini mimin mau share perjalanan pekan lalu di Lombok dan Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Dan perjalanan ke Timur Indonesia semakin meneguhkan kalau Indonesia sungguh benar-benar cantik sekaliiiii ^_^

Hari pertama kita langsung menuju Sumbawa, dari Pelabuhan Kayangan Lombok Timur butuh waktu 1-1,5 jam dengan kapal ferry ke Pelabuhan Poto Tano.  Lalu melanjutkan perjalanan ke Pulau Kenawa, sekitar 15-20 menit dari Poto Tano.




Ini nih rombongan kali ini, banana potatona. Saat baru nyampe di Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa. Barang bawaannya pada heboh-heboh yak :D


Setelah nyampe Poto Tano, kita transit dulu di depan Dinas Kelautan dan Peternakan Kab Sumbawa Barat, untuk menemui Pak Arif. Setelah perlengkapan siap (air dua galon, makanan) akhirnya kita menyeberang lewat dermaga kecil di dekat Dinas Kelautan dan Peternakan. O iya, karena Pulau Kenawa tidak berpenghuni, jadi siapkan perbekalan yang cukup ya. Nggak ada tukang bakso atau tukang sate lewat soalnya... hehe. 



Ini nih dermaga kecil yang akan menghubungkan Sumbawa dengan Kenawa, tuh kapal yang mengangkut kita kesana. Dan anak-anak kecil ini adalah salah dua ABK kapal lho... maksudnya mereka ikutan nganterin kita nyeberang. Ahh... asik sekali melihat anak-anak ini bersahabat dengan alam, jempolnya nggak sibuk mencet-mencet gadget.



Sampe di Kenawa udah agak gelap, jadilah kami segera mendirikan tenda. Kalo foto ini diambil lewat tengah malem, saat sang bimasakti lagi terbit di atas langit yang penuh bintang. Masya Allah



Karena kita lagi ada di Pulau tengah laut, langit jadi terlihat berbentuk kubah, tanpa penghalang dan polusi apapun. Selain langit yang penuh bintang, kita bisa menantikan sunrise yang nggak kalah cantik di Sisi Timur. Meski kemarin agak ketutup awan sih.


Salah satu hal yang tersohor di Kenawa adalah bukit hijaunya. Tuh keliatan kan dari tepi pantainya. Meski kayaknya gampang mendakinya dan memang tidak membutuhkan waktu yang lama, tapi untuk turunnya lumayan juga sih, karena agak curam dan tanah yang kita jejak kadang nggak bersahabat, Jadi harus tetap hti-hati ya.



Setelah menikmati sunrise, mendaki bukit, dan snorkeling akhirnya kita harus pergi juga dari kenawa yang cantik dengan sabana hijaunya. Beberes tenda dan perlengkapan plus memastikan tidak ada sampah yang tertinggal, kami pergi ke dermaga menanti jemputan.


Selamat tinggal kenawa! Airnya masih sangat jernih, menggemaskan, pengen nyebur pokoknya. :P
Tapi sayang sih, karena kayaknya perawatannya masih kurang. Menurut pengamatan saya, di sana sebenarnya ada beberapa gazebo yang emang sengaja dibangun namun sekarang sudah tidak terawat, jalan berpavingnya juga udah ketutup sama rumput-rumput. Semoga ada perawatan lanjut dari pengelolanya. 


Foto: Yohanda, Immash
Liputan : Immash

No comments:

Post a Comment