Sunday 1 March 2015

Semarang : Sam Poo Kong

Episode semarang ada yang tertinggal, salah satu tempat yang bisa dikunjungi saat di Semarang selain gedung-gedung tuanya adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng yang konon adalah tempat untuk menghormati Laksamana Cheng Ho. Sosok yang kalau di Jawa timur terkenal dengan nama masjidnya yang ada di Surabaya dan Pasuruan, Masjid Cheng Ho.


Dari pinggir jalan raya kita bisa mengenalinya langsung dari cat merah menyala dan tentunya tulisan Sam Poo Kong yang dipasang besar-besar. Pas kita kesana lagi rame-ramenya pengunjung karena bertepatan dengan tanggal merah.


Sebelum masuk kawasan klentengnya, kita dikenakan biaya masuk 3rb rupiah per orang untuk turis lokal. Jangan lupa antri yaaa


Kawasan ini terdiri dari beberapa bangunan, yang di foto atas adalah salah satu bangunan yang bisa digunakan pengunjung umum. Kalo dua yang lainnya tertutup untuk umum kecuali bagi yang sembahyang di sana. Di tengahnya ada semacam plaza luas yang juga digunakan pengunjung berfoto ria.


Ini penjelasan yang terdapat di patung cheng ho, atau penulisannya di sini zheng he. Satu-satunya patung paling besar di sana.


Ini salah satu bangunan yang tidak dibuka untuk umum, karena hanya digunakan untuk pengunjung yang sembahyang/ melakukan ritual.


Salah satu patung yang terletak di tengah plaza bersama beberapa patung lainnya. Yang tidak kami temukan ini sebenernya patung siapa, karena cuma ada tulisan semacam donasi dari seseorang.


Senja di Sam Poo Kong cukup cantik, sambil menunggu petang emang kita sengaja masih gelosoran di sana sambil mengamati orang yang berlalu lalang.

Foto : Immash, Niken
Liputan : Immash

No comments:

Post a Comment